Friday, October 26, 2012

Daurah Tadribiyyah

Tajuk lengkap acara ini adalah "Daurah Tadribiyyah li Mu'allimii al-Lughah al-Arabiyyah li Ghair an-Nathiqin biha bi Kitab al-'Arabiyyah Baina Yadaik"

Hotel Dafam, Pekalongan
18-22 Oktober 2012

---underconstruction---




18 okt 2012
===
thoriqoh/metode:
-qawa'id wa tarjamah
-sam'iyyah syafahiyah
-mubasyiroh
-ittisholiyah
-intiqo'iyah

=====
pengajaran shout
-ta'rif
-tamyiz
-tajrid


19 okt 2012
====

pembelajaran bhs arab utk pemula
-cara lama:huruf-kalimat-hiwar
cara baru:
awal2 jgn ajari baca-tulis, ckup dengar dan ucapkan dulu
cara baru lbh cpt

=====


pembelajaran mufrodat
-bnyk dipake
-sesuai kbutuhan pndidikan
-sesuai jenjangnya
-utk dgunakan sbg sarana berhubungan dg org lain
-fusha

cara terangkan mufrodat:
-tunjuk brg
-tunjuk gmbar
-tamtsil makna
-tamtsil daur
-lawan kata
-padan kata
-sebut anggota/bagian2nya (kluarga=suami, istri, anak)
-isytiqaq kalimat
-terangkn dg b.arab
-ulangi bacanya
-cari di kamus!

langkah:
-taqdim/'ardh, melalui gambar, kalimat, dialog, bacaan.pastikan SEMUA siswa paham
-tadrib
-taqwim,


tujuan
1. bs mengucapkan
2. paham makna
3. bs mnggunakan dlm kalimat

======

tarkib: fungsi tanpa teori, utk pemula, diajarkan scr tdk lgsg
qawaid: fungsi dg teori, bukan utk pemula, diajarkan scr langsung


qa'idah
1. ta'limiyyah
: utk pelajar
2. ilmiyyah: utk para ahli/pakar
1. ta'limiyyah
: belajar bahas
2. ilmiyyah: belajar ttg bhs
1. ta'limiyyah
: tdk perlu tafshil
2. ilmiyyah: perlu tafshil
1. ta'limiyyah
: sarana belajar
2. ilmiyyah: tujuan belajar


================
20 okt 2012

kemampuan2 sbg tujuan ta'lim istima'
-bs membeda2kan suara huruf
-bs berdialog
-

langkah2 ta'lim istima' mukatstsaf
-siapkan siswa: tutup buku, tutup pintu spy tdk ada suara lain
-jgn baca bukunya sblm mndengar
-pelan2
-pastikan mereka paham, dg cara tanya mereka
-jgn hanya pastikan membeda2kan suara huruf, tp jg hrs pastikan paham atas makna kata/kalimat


====
maharatul kalam

langkah pengajaran
1. dialog2 yg jwbnya tertentu: masmuk? min aina anta?
2. dialog2 yg jwbnya luas: madza ta'kul?
3. mmbuat kata/kalimat tertentu/trbatas: shif ash-shuwar at-taliyah, qul asma' ma fish-shuwar
4. mmbuat kata/kalimat bebas: shif al-jawwa fi baladik, kaifa taqdhi uthlah usbu'iyyah

penting:
-pilih tema yg diketahui siswa
-buat kelompok, spy ksmptn mencoba brbicara lbh merata/bnyk
-pastikan menambah kemampuan bicara, bukan menambah pengetahuan
-pilih tema yg ada di sktr kita dr kejadian2 pnting
-smangati mereka agar mau bicara, salah tdk apa2, yg pntging brani, jgn takut dan jgn malu
-jgn potong bicara mereka d tngah ngomong, mskipun salah
***sbisa mgkn buat dialog2 yg hakiki, bukan buatan spt dlm buku
***pembelajaran tdk hrs slalu dlm kelas
***sesekali ada tamu ke kelas yg ngajak bicara bhs arab
***ksh tugas ktmu dosen trtntu dan ngomong bhs arab

pengajar jgn bnyk ngomong, siswa yg hrs bnyk ngomong

=======
21 okt 2012

latihan2
penting skali!
tanpa latihan, tdk dpt diketahui sejauh mana hasil pengajarn

tingkatan latihan:
1. tadrib aali: jawaban tertera
2. tadrib makna: jwbn tertentu, didahului bacaan/sima'ah, siswa hrs ditanya satu2 (tdk mgkn per klompok)
3. tadrib ittishal, ha huwal hadaf: prtanyaan dg jwbn luas/bebas, shg ada pngmbangan pngetahuan baru melalui prbdaan jwbn2 di antara para siswa

tadrib makna:
-baiknya ajukan soal dg kata/kalimat yg brbeda dg bacaan, jgn sama persis, biar jelas pemahamannya
-satu prtanyaan utk bnyk siswa, jgn cuma satu siswa

=====

maharatul qiraah

langkah2 qiraah mukatstsafah:
1. persiapan, pastikan smua siswa siap, tdk sibuk sndiri2
2. baca dg suara pelan
3. bikin latihan2
4. terangkan makna2 baru
5. baca dg suara keras, jika ada wktu (dmulai dg siswa yg paling baik)
6. PR

langkah2 qiraah hurrah/muwassa'ah: (biasanya di luar kelas, mgkn perpus, rmh/pr dll)
1. kasih siswa pemikiran umum
2. arahkan siswa membaca dan memahami, scr global saja
3. tnyakan ksulitan
4. arahkan utk diskusi
5. sesekali buatkan acara khusus brbhs arab, lalu dsuruh buat resume/ringkasan apa yg dipahami dr acara itu

=======

ujian harus:
1. tetap, tak lekang wktu dan tempat
2. jujur dan objektif
3. mudah dilaksanakan
4. bs mmbedakan

macam2 ujian brdasar tujuan:
1. ujian prsiapan
2. ujian pembagian kelas
3. ujian hasil belajar, bukan soal lulus atau tdk
4. ujian mlihat kmmpuan seseorg, mahir di bidang/unsur mana
5. ujian kemampuan berbahasa (smua bidang)

====
maharatul kitabah

marhalah:
1. rasm huruf
2. ta'bir muqayyad/muwajjah/muhaddad
3. ta'bir hurr

yg prlu diperbaiki dlm kesalahan kitabah hanya:
1. kesalahan berulang
2. kesalahan yg mmbuat tdk dpt dipahaminya kitabah


===============

22 okt 2012

manusia mengingat:
20% dr apa yg didengar
30% dr yg dilihat
50% dr yg didengar skaligus dilihat

manusia belajar:
83% dr penglihatan
11% dr pendengaran

===============

penutupan

ibnu taimiyyah:
man takallama bil arabiyyah fahuwa arabiyyun