Monday, June 12, 2006

Mau Kuliah di AL-Azhar?


to: ali_asrori@yahoo.com


Salam,

untuk masuk ke al-azhar, skrg ini persiapkan aj:
1. ijazah madrasah aliyah negeri atau MA/ponpes swasta yang udah mu'adalah (disamakan) dg al-azhar, plus fotokopinya yg udah dilegalisir, siapin aja 10 biji

2. daftar transkrip nilai juga perlu, sipain asli n fotokopian yg dah dilegalisir sbnyk 10 lebar

3. paspor, siapin juga potokopinya 10 lembar

4. akta kelahiran, plus fotokopinya yg udah dilegalisir kantor catatan sipil kabupaten, siapin aja 10 biji

5. pas poto berwarna, siapkan aja minimal 20 buah


kl itu udah siap smua... bisa hubungi saya lagi... karena pendaftaran ke al-azhr sini sistemnya tawkil (diwakili) oleh tmn2 yg ada di sini. tapi kl antum udh punya kenalan yg siap men-tawkil y bisa tuh. kl blom ada, nanti bisa saya bantu.

hal yg perlu diketahui di luar itu, adalah bahwa kehidupan di sini sbnrnya lumyan murah. tapi untuk lebih mudahnya dan buat jaga2, siapin aja skitar 60-70 dolar utk biaya hidup per bulannya. memang ada beasiswa di sini, tpi itu pun bnyak saingan yg ndaftar, trus juga kalaopun dpt, kiranya maish kurng utk biaya hidup selama sebulan. jadi utk beasiswa, tdk usah terlalu diharapkan; tp kl mau usaha dan kmdn dpt ya "alhamdulillah" gitu ajah.... lumayan buat tambahan :)

memang ada seh bbrp tmn yg kadang memberikan informasi betapa manisnya belajar di mesir. tapi kita jangan sampai tertipu. dimanapun, apalagi di luar negeri, smua jalan mengandung resiko. jadi kl ada yg bilang manis2nya aja, kita patut waspada. smua psti mengandung rasa pahit juga yg kita harus siap2 menghadapinya.

ada juga tmn memberikan info bahwa mendapatkan pekerjaan di kairo mudah, jadi bisa belajar sambil bekerja. nah, kita juga ptut mengoreksi kalimat ini. memang ada tmn2 yg bisa nyambi kerja, tapi itu tdklah banyak jika dibandingkan dg jumlah keseluruhan mahasiswa indonesia di sini yg udah mencapai angka 4000!!!

jadi kl mau ke sini, selain nyiapin berkas2 tadi, juga kudu siap dg finansial. utk biaya pengurusan pendaftaran plus tiket jakarta-cairo (skali jalan), skitar 10 juta-an lah. itu udah cukup bngt, jd insya lah gak kurang. trus mengenai biaya hidup per bulan yg sgitu, juga itu bukan angka minimal. itu angka yg wajar2 lahh... jadi kl siap biaya sgitu tiap bulannya, insya allah gak bakal kelaparan di sini :) ada seh tmn2 yg bekalnya minim dan maish di bawah angka itu tiap bulannya, malah ada yg cuma pegang setengah dari itu tiap bulannya. memang ada yg bisa tetep eksis, tapi itu amat mengandung resiko, atau malah akan merepotkan kawannya, kan kasihan juga..

trus, kemampuan bhs arab juga diperlukan. kalau mau nekad, yah, barangkali cukup tau bbrp kosakata tertentu. tapi kenekadan itu harus dibarengi dg siap tekun blajar bhs arab, terutama belajar berani ngomong, dan jangan jadi org tertutup; jangan juga berleha2 sprti kebanyakan mahasiswa di sini (kayak saya :D), shg bhs arabnya gk mendapatkan kemajuan. apalagi, lingkungan di sini bnyk mahasiswa kita bergerombol, nah kalau berani gaulnya ama tmn2 indonesia sndiri aja, ya bisa2 ga bisa bahasa arab n ga bisa baca buku diktat kuliah. repottt.... wah, itu bisa bahaya skali..

kemampuan hafalan juga kudu diasah, karena sebagian besar faktor penentu kelulusan kita kuliah di al-azahr adalah soal hafalan. kalau udh malas hafalan, ya good bye aja al-azhar... ujian qur'an 2 juz nambah per tahun yg ada di termin 2 (skitar mei thn berikutnya), sbnrnya lumayan bisa diatasi jika dari awal sampai kairo sudah mencicil hafalannya. atau lebih baik lagi kl dri indonesia malah udah punya hafalan qur'an mulai dari juz satu. tapi kalaupun blom punya hafalan qur'an ya bisa dicicil itu sejak datang ke kairo.

tapi skali lagi, yg patut diwaspadai adalah lingkungan kita sesama warga indoneisa di kairo. kita di sini terlalu banynak, shingga kemana2 slalu ketemu tmn sndiri. ini baik utk kesatuan dan solidaritas kita, tapi bisa jadi negatif kl kita ngomongnya malah slalu bhs indonesia atau malah bhs daerah tiap hari. lingkungan juga rasanya mudah membuat kita malas belajar, maunya ngobrol dan main2 terus dg tmn2, shg kalau kurng tekad dan kurang tekun/disiplin dari awal, bisa2 kita akan gagal ujian.. na'udzu billah..

yah, gitu dulu barangkali yg bisa saya sampaikan. kalau ada yg kurng jelas, bisa ditanyakan lagi.

wassalam.



aghi, griya jateng cairo