Buat rekans yang ingin mendaftar S2 di Sekolah Pascasarjana UGM (SPS UGM), silakan menyimak pengumaman di http://um5.ugm.ac.id/index.php/page/151
Prosedur Admisi(Pendaftaran) Program S2 dan S3
Pendaftaran untuk calon mahasiswa Semester I Tahun Akademik 2010/2011 dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Untuk calon mahasiswa yang mengajukan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPS) pendaftaran dimulai 28 Desember 2009 s.d 16 April 2010. Syarat utama untuk diusulkan sebagai calon penerima BPPS adalah dosen PTN atau dosen tetap PTS dan telah diterima secara akademik.
2. Untuk calon mahasiswa dengan biaya sendiri/instansi pendaftaran dimulai 28 Desember 2009 s.d 11 Juni 2010.
3. Hasil seleksi untuk calon mahasiswa yang diterima akan diumumkan pada pertengahan Agustus melalui website http://um.ugm.ac.id
Prosedur Pendaftaran
Prosedur pendaftaran calon mahasiswa S2 dilaksanakan melalui internet (online) dengan prosedur :
* Membayar biaya administrasi pendaftaran sebesar
o Rp. 500.000,00 untuk S2 Reguler (Jalur Akademik)
o Rp. 750.000,00 untuk S3 dan S2 Non-Reguler (Jalur Profesi)
o Rp. 1.000.000,00 untuk Spesialis
* Pembayaran dapat dilakukan secara online di Bank BNI seluruh Indonesia, dengan kode :
o 2121 untuk pendaftaran S2 Non-Reguler (Jalur Profesi)
o 2222 untuk pendaftaran S2 Reguler (Jalur Akademik)
o 2323 untuk pendaftaran Spesialis
o 3333 untuk pendaftaran S3
diikuti dengan tanggal lahir ber-format (ddmmyyyy)
Contoh, untuk mendaftar S2 Reguler dengan tanggal lahir 3 November 1980, masukkan 222203111980.
Apabila tanggal dan bulan lahir tidak diketahui, maka tanggal dan bulan lahir yang dimasukkan adalah 1 Januari.
* Jika pembayaran berhasil, maka pada struk pembayaran akan tercantum password untuk mengisi formulir pendaftaran.
* Pada akhir isian formulir pendaftaran, pendaftar akan mendapatkan nomor pendaftaran dan tersedia tombol untuk mencetak formulir pendaftaran sebagai salah satu syarat berkas pendaftaran.
* Mengirimkan/menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran ke
Administrasi Program Pascasarjana
Direktorat Administrasi Akademik
Kantor Pusat UGM, Lt. 1, Sayap Selatan,
Bulaksumur, Yogyakarta - 55281
* Mengikuti ujian TOEFL dan TPA pada waktu dan lokasi yang telah dipilih saat pengisian formulir pendaftaran.
Berkas Persyaratan
A. Persyaratan untuk program S2:
1. Salinan ijazah dan transkrip akademik S-1 yang telah dilegalisir.
2. Memiliki IPK minimal 2.75
3. Asal Program Studi S1 telah memperoleh Akreditasi oleh BAN PT.
4. Surat rekomendasi dari 2 orang/pihak yang mengetahui kemampuan akademik calon.
5. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program S2 yang berisi alasan, harapan, dan rencana setelah selesai kuliah S-2.
6. Surat izin dari instansi/lembaga tempat bekerja (bagi calon yang sudah bekerja).
7. Surat keterangan jaminan pembayaran dari instansi atau surat keterangan kesanggupan biaya sendiri (bermaterei).
8. Bagi yang telah memiliki sertifikat TOEFL atau TPA dapat melampirkan salinannya.
9. Surat keterangan sehat dari dokter.
10. Pelamar BPPS (hanya untuk Jalur Akademik) melampirkan Form A, B, C, D, E dan F dengan dilengkapi fotokopi
10.1 Karpeg/NIK untuk PNS/Karyawan.
10.2 Surat Keputusan sebagai PNS.
10.3 Surat Keputusan Jabatan Dosen.
11. Semua persyaratan dibuat dalam 2 rangkap.
12. Isian formulir lampiran dapat didownload di sini.
13. Amplop berperangko dan ditulisi alamat pelamar
14. Lamaran dikirim/diserahkan ke:
Administrasi Program Pascasarjana
Direktorat Administrasi Akademik
Kantor Pusat UGM, Lt. 1, Sayap Selatan,
Bulaksumur, Yogyakarta - 55281
B. Persyaratan untuk program S3:
1. Salinan ijazah dan transkrip S1 dan S2 yang dilegalisir
2. Memiliki IPK minimal 3.00
3. Asal Program Studi S2 telah memperoleh Akreditasi oleh BAN PT.
4. Riwayat hidup dan riwayat pekerjaan
5. Nama calon pembimbing yang diinginkan/yang telah dihubungi.
6. Surat izin dari atasan (bagi calon yang sudah bekerja).
7. Surat keterangan jaminan biaya pendidikan.
8. Surat keterangan sehat dari dokter.
9. Surat rekomendasi dari 2 orang/pihak yang mengetahui kemampuan akademik calon (mantan pembimbing, mantan dosen, atau atasan)
10. Rancangan usulan penelitian atau lay out untuk program studi tertentu masing- masing 8 rangkap
11. Bagi yang telah memiliki sertifikat TOEFL atau TPA dapat melampirkan salinannya.
12. Pelamar BPPS (hanya untuk Jalur Akademik) melampirkan Form A, B, C, D, E dan F dengan dilengkapi fotokopi
12.1 Karpeg/NIK untuk PNS/Karyawan.
12.2 Surat Keputusan sebagai PNS.
12.3 Surat Keputusan Jabatan Dosen.
13. Semua persyaratan dibuat dalam 2 rangkap.
14. Isian formulir lampiran yang dapat didownload di sini.
15. Amplop berperangko dan ditulisi alamat pelamar.
16. Lamaran dikirim/diserahkan ke:
Administrasi Program Pascasarjana
Direktorat Administrasi Akademik
Kantor Pusat UGM, Lt. 1, Sayap Selatan,
Bulaksumur, Yogyakarta - 55281
6 comments:
maaf saya mau bertanya.....
klo biaya per semesternya berapa?
terima kasih...
tergantung jurusannya sih ya... kl jurusan Kajian Timur Tengah, 5,25jt per semester. kl yg lain kyknya lebih:D
untuk penyerahan berkas paling lambat tanggal berapa?
penterahan berkas paling lambat tgl berapa?
saya baru di wisuda S1 tanggal 20 september 2010 nanti. kira-kira kapan saya bisa mendaftar untuk program magisternya ?
kalau pendaftaran s2 lewat beasiswa unggulan (BU) masih di buka g ya di UGM?
thanks...
Post a Comment