Saturday, September 03, 2016

Seberapa Buruk Pengelolaan Negeri Ini?

belakangan ini muncul postingan betapa ambruknya pengelolaan negeri ini. sebagian didasarkan fakta, tapi sebagian juga tidak kuat data/faktanya.

kita bisa menyikapi hal itu dengan dua cara.

cara pertama, tidak usahlah percaya dengan postingan-postingan semacam itu. apalagi yang data/faktanya tidak jelas. sangat mungkin penulisnya hanya sedang mengumpulkan dukungan politis untuk mendongkel penguasa yang ada. oke kalau namanya penguasa itu pasti ada salahnya. tapi mendongkelnya di tengah jalan sepertinya tidaklah bagus.

betul kita punya pengalaman "cukup baik" saat gus dur diimpeach kemudian seterusnya tidak perlu ada pertumpahan darah akibat pendongkelan itu. tapi apakah semua pendukung presiden sama seperti pendukung gus dur. apakah semua penguasa sama seperti gus dur yang saat dijungkalkan, kemudian melihat para pendukungnya siap angkat senjata untuk mempertahankan kekuasaan itu, malah bilang: pulanglah kalian.

cara kedua, kita percaya saja dengan postingan itu, terutama jika datanya memang jelas. tapi hanya menyalah-nyalahkan orang lain, juga bukan suatu hal yang bagus karena tak memunculkan solusi jelas. lalu bagaimana? ya mari kebobrokan itu, kalau memang terlihat nyata, segera diperbaiki.

caranya? lihat satu persatu masalah kebobrokannya. lihat pula sekecil apa pun hal yang bisa dilakukan untuk diperbaiki. kata aa gym, mulai dari yang terkecil, mulai dari diri sendiri, mulai sekarang juga! mulai dari yang terkecil, artinya jangan bermimpi terjadi perubahan besar kalau hal-hal kecil tidak diperbaiki.

mulai dari sendiri artinya jangan bermimpi seluruh negeri ini akan baik, sehat, pinter, makmur, kalau kita sendiri tidak sempurna. mulai dari sekarang menunjukkan bahwa semuanya butuh proses. mulainya dari sekarang, tapi hasilnya nanti dulu, tergantung seberapa besar usaha kita, sekarang ini!

jadi ya, tidak terlalu berguna ya hanya mengeluh. mari lawan kebobrokan itu!

iligan city, 3-9-16

No comments: