Thursday, November 03, 2016

kalah menang (?)

pendemo 4 nov nanti sepertinya betul-betul beragam. terdiri dari berbagai kalangan, dtg dg bermacam motivasi atau latar belakang/alasan/dalil, dan menggunakan berbagai cara. mari kita doakan demo berlangsung tertib dan damai. mereka yg dtg dg motivasi lillahi ta'ala bisa ngerem sebagian pendemo yg mgkn ada motivasi yg non-lillahi ta'ala.

oleh sebagian pendukung demo, demo ini dinihilkan dari nuansa politik. kita bisa percaya. tp boleh juga tentunya kita tidak mengabaikan keyakinan sebagian kalangan bahwa bagaimana pun ini akan ada kaitannya dg politik, lbh dekatnya adalah pilkada dki.

soal politik, apalagi pilkada, berarti berujung pada kemenangan atau kekalahan ahok. bagi saya sendiri, demo 4 nov ini memiliki 2 kemungkinan yang sebenarnya cukup "berisiko" utk pendemo yg datang dg motivasi politik.

pertama, jika ahok diperiksa kemudian dinyatakan bersalah sehingga mendapatkan hukuman yang membuatnya tidak bisa melanjutkan kontestasi pilkada dki maka inilah "kemenangan" para pendemo motivasi politis itu.

kedua, akan sebaliknya, bahkan mungkin jungkir balik dulu menuju kebalikannya. jika ahok tidak diperiksa atau diperiksa tapi dinyatakan tidak bersalah atau dinyatakan bersalah tetapi tetap bisa melanjutkan kontestasi pilkada; maka demo itu menjadi "kampanye gratis" untuk ahok. kemenangan ahok seperti di depan matanya.

sudah menjadi kebiasaan pemilih di masyarakat kita, termasuk jakarta juga, sepertinya, di hari H coblosan, akan tergerak hati untuk memilih mereka yang terlihat "terzalimi". ahok akan terkesan "terzalimi" oleh mereka yang terkesan memaksakan kehendak bahwa ahok bersalah, padahal (barangkali) kemudian ia diputus bebas atau diputus bersalah tapi hukumannya cukup meminta maaf.

ditambah lagi, pendemo 4 nov juga dikabarkan banyak datang dari luar jakarta, maka warga jakarta pemilik suara bisa semakin frontal "melawan" mereka yang dianggap "menzalimi" itu: kalian ngapain gangguin wilayah kami, nih kami kasih suara kami ke ahok yang sudah kalian "zalimi"!

lalu, kalau misalnya terjadi begitu, siapa yang rugi? ya saya, yang sedari awal mendukung anies-sandi! tapi tentu semoga semuanya beruntung. saya tetap berharap anies-sandi memenangi pilkada dki. tapi mau agus, ahok, anies yang jadi gubernur dki 2017-2022, insyaAllah jakarta akan tetap melaju; asalkan kita mau membantu siapa pun yang terpilih.

iligan city, 3-11-16

No comments: