Saturday, June 21, 2008

Pena Beriklan Gratis di Majalah Khalifah

Jumat (13/6) menjadi sangat berarti bagi Manajer Pemasaran, Guntur Ramdhan. Tidak sampai 24 jam dari kedatangan faksimili yang berisi penawaran kerjasama, Guntur yang mewakili Penerbit Pena dapat langsung menyelesaikan kesepakatan dengan perwakilan Majalah Khalifah yang menyambanginya. Media dengan tiras 10.000 eksemplar setiap kali terbit itu akan menampilkan satu halaman yang berisi produk-produk Pena di rubrik Rak Buku.

Syarat yang diminta Majalah Khalifah pun tidak sulit, yakni Pena cukup mengirimkan satu eksemplar setiap produknya yang akan “diiklankan” di media yang didistrubusikan setiap akhir bulan ke Jabodetabek dan beberapa kota di luar Jawa itu. Bahkan, menurut penjelasan Nashih, penanggung jawab rubrik Rak Buku Majalah Khalifah, Pena tidak harus memberikan setiap produknya dalam bentuk hardcopy, tetapi cukup softcopy.

Majalah Khalifah sendiri merupakan metamorfosis dari Tabloid Khalifah. Setelah 89 edisi terbit dalam bentuk tabloid, mulai Juli 2008 ini mereka berubah menjadi majalah. Ketika berbentuk tabloid, oplah Khalifah sebenarnya menembus angka 20.000. Setelah menjadi majalah ini, mereka memang menurunkan oplahnya.

Akan tetapi, jika kelak respons masyarakat melonjak, lanjut perwakilan Khalifah, pihaknya menjanjikan peningkatan jumlah eksemplar setiap kali terbitnya. Perwakilan media yang masih berada satu grup dengan Tabloid Pulsa ini juga bersedia menampilkan resensi tiap produk baru Pena. Kelebihan yang lain, resensi buku berada di halaman yang berbeda dengan rubrik Rak Buku. Artinya, Pena bisa mempromosikan buku-bukunya dalam dua rubrik sekaligus. Dan, tentu saja, semua itu gratis![]



Ruang Produksi, 14 Juni 2008

No comments: