Friday, September 05, 2008

Buku Baru: Ensiklopedia Doa dan Zikir


Judul Asli: Mausû’atud-Du’â` wal-Adzkâr (Dar Ayah, Beirut dan Darul Mahabbah, Damaskus)
Penulis: Abdurrahim Mardini
Judul Terjemahan: Ensiklopedia Doa dan Zikir
Penerbit: Pena Pundi Aksara
Cetakan: Pertama, Agustus 2008
Halaman: 386 halaman
Harga: Rp. 90.000,-


Doa adalah salah satu jenis ibadah yang telah dilaksanakan sejak zaman dahulu. Orang-orang pada zaman jahiliah pun turut melakukan ritual doa, meski mereka melaksanakannya tidak dalam jalan yang benar, karena mereka berdoa memohon pertolongan kepada berhala dan bebatuan.

Agama-agama samawi sebelum Islam, juga telah mengenal adanya doa. Nabi-nabi yang membawa ajaran agama samawi ini mengajari umatnya untuk berdoa kepada sang penguasa alam semesta, Allah swt. Hal ini karena memang sejak diciptakannya Adam, hakikatnya hanya ada satu ajaran, yaitu seluruh umat manusia di mana pun dan kapan pun berada diperintahkan untuk menyembah Allah serta memohon segala sesuatu kepada-Nya.

Dalam kitab yang terbagi dalam 12 bab ini, Abdurrahim Mardini mengumpulkan lafazh doa dan zikir yang sebelumnya telah diamalkan oleh Rasulullah saw., para sahabat dan tabi’in. Beberapa bagian kitab ini juga memuat berbagai lafazh doa atau zikir yang dilantunkan oleh para nabi dan salafus saleh sebelum Nabi saw.

Demi menunjukkan Islam sebagai agama yang sempurna, Abdullah Mardini menulis hampir semua doa yang sebaiknya dibaca oleh setiap muslim dalam setiap geraknya. Mulai dari bangun tidur, wudhu, shalat, aktivitas sehari-hari hingga akan tidur lagi. Doa dan zikir tertentu berkaitan dengan kondisi khusus juga termuat dalam kitab ini. Misalnya ketika suatu daerah terkena bencana kekeringan, atau ketika terjadi gerhana bulan atau matahari, semua memiliki doa dan zikir khusus yang sebelumnya sudah terbukti dikabulkan oleh Allah swt.[]

No comments: