Thursday, May 24, 2007

UE Dukung Berdirinya Negara Palestina

Kunjungan Javier Solana ke Mesir

Presiden Mesir Husni Mubarok Rabu (23/5) kemarin menerima Javier Solana, pejabat tinggi Uni Eropa Bidang Keamanan dan Luar Negeri. Keduanya tampak serius membahas perkembangan kondisi Palestina dan Lebanon. Di hadapan Presiden Mubarak, Solana meyakinkan bahwa UE menawarkan bantuan pada rakyat Lebanon dan selalu siap ikut membantu memecahkan permasalahan yang ada di kawasan itu.

Setelah pertemuan itu, Solana menyatakan bahwa Uni Eropa mendukung berdirinya negara Palestina merdeka dan pihaknya akan mencari solusi untuk mengatasi pendudukan Israel. Namun Solana menolak menjawab pertanyaan seputar kemungkinan UE mengirimkan lagi tim pengawasnya di kawasan Rafah Palestina.

Mengenai masalah Lebanon, diakuinya bahwa stabilitas politik di sana masih jauh dari harapan. Namun UE mendukung penuh kepemimpinan PM Fuad Siniora di Lebanon. Hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh Liga Arab. Solana juga menyinggung keprihatinan UE atas apa yang terjadi di kamp pengungsian Nahril Barid. Karenanya UE menjanjikan akan mengirimkan bantuan secepatnya dengan menjalin kerjasama dengan PBB.

Di sisi lain, Solana juga menegaskan bahwa pertemuannya dengan Presiden Mubarok sangat membantu UE dalam mengetahui lebih jauh perkembangan yang terjadi di Timur Tengah. Dirinya juga menyambut baik usaha-usaha yang dilakukan oleh pemerintah Mesir dan rakyatrnya dalam menciptakan stabilitas politik di Timur Tengah.[]

Sumber: Koran Al-Akhbar Edisi 24 Mei 2007

Bawabah Tiga, 24 Mei 2007

No comments: