Sunday, May 27, 2007

Ujian di 2 Sekolah Mesir Dinyatakan Batal

Buntut Kebocoran Soal

Di provinsi Port Said, 220 km utara Cairo, ujian yang diselenggarakan 2 sekolah dasar terpaksa dibatalkan. Penyelenggaraan ujian di kedua sekolah tersebut terbukti menyimpang dari aturan yang berlaku.

Di Sekolah Dasar Rifa'ah Altahtawi, Port Said Utara, pihak Dinas Pendidikan setempat mendapat aduan kemungkinan adanya kebocoran soal ujian. Mendengar informasi seperti itu, Dinas Pendidikan Port Said langsung bergerak cepat. Menurut hasil penyelidikan, seorang guru kelas 4 di sekolah bersangkutan memang membocorkan soal ujian sebelum ujian berlangsung.

Untuk mengatasi hal itu, Dinas Pendidikan langsung menurunkan tim untuk menyiapkan soal darurat pada hari itu juga. Sementara oknum guru yang membocorkan soal dihukum setimpal dengan denda potong gaji 15 hari kerja. Selain itu dia juga dimutasi dan dilarang berurusan dengan urusan ujian untuk 5 tahun mendatang.

Di kota yang sama, para wali murid Sekolah Dasar Mukhtar Alfi, Port Said Utara, mengadukan sekolah yang membiarkan anak-anaknya mencontek secara massal. Tim bentukan Dinas Pendidikan bergerak cepat dengan membanding-bandingkan hasil ujian para siswa kelas 1 mata pelajaran ilmu sosial dan mendapati jawaban mereka yang sama persis. Oleh karenanya, Dinas Pendidikan menyatakan akan menggelar ujian susulan untuk mata pelajaran ilmu sosial di kelas 1 sekolah tersebut.[]

Sumber: Koran Al-Ahram edisi 25 Mei 2007

Bawabah Tiga, 25 Mei 2007

No comments: