Thursday, July 20, 2006

Dimulai, Pekan Ilmiah KSW




Sesuai komitmen Dewan Pengurus KSW Periode 2005-2006 dalam memperhatikan bidang keilmuan, pada Senin (17/7/2006) petang di Aula Griya Jawa Tengah digelar Diskusi Panel dalam Pekan Ilmiah hari pertama. Pada diskusi panel itu, 4 pemakalah hadir mempresentasikan tulisan mereka mengenai maqashid syari'ah, grand theme yang diusung Departemen Pendidikan KSW.

Tepat pukul 18.00, diskusi panel dimulai, dibuka oleh MC sekaligus moderator Miqdam Makfi. Pada sambutannya, Koodinator Departemen Pendidikan KSW, Husni Hidayat, mengatakan bahwa diskusi ini merupakan salah satu progam unggulan departemen yang dipimpinnya. Oleh jajarannya, program ini juga amat diperhatikan.

Sementara Agus Hidayatulloh, Ketua KSW, mengatakan bahwa diskusi panel merupakan alternatif dari kajian dwi mingguan yang dalam 2 tahun terakhir semakin menurun pamornya. Kendala kajian dwi mingguan, menurutnya, tidak hanya datang dari penyelenggara, namun memang karena juga semakin menurunnya perhatian sebagian mahasiswa atas kajian intelektual. Oleh karenanya, demi menyiasati merosotnya minat sebagian kalangan dalam kajian dwi mingguan, digelarlah diskusi panel dalam pekan ilmiah ini.

Kelak, kumpulan tulisan yang didiskusikan pada pekan ilmiah ini akan dibukukan. Bahkan menurut rencana, pada pekan ilmiah hari ketiga yang dijadwalkan pada Sabtu, 29 Juli 2006, buku berjudul "Mengetuk Pintu Syari'ah" hasil karya kader KSW akan sekaligus di-launching, menyusul juga telah terbitnya buku kumpulan cerpen bertajuk "Surat Sunyi".

Machmudi Muhson, Lc. (kandidat magister ushul fiqih Universitas Al-Azhar), Wahyudi Abdurrahim, Lc. (peserta program pasca sarjana Institut Studi Islam Zamalek), Nur Ihsan Saleh (mahasiswa tingkat 3) dan Irwan Masduki (mahasiswa tingkat 1), bergantian menyampaikan isi makalhnya dengan bersemangat.

Dalam sesi tanya jawab, audien yang berjumlah sekitar 25 orang juga tak kalah semangat memanfaatkan waktu yang disediakan oleh moderator. Hingga pukul 20.45, sebenarnya diskusi masih berlangsung hangat, namun karena keterbatasan waktu, terpaksa harus disudahi. Namun hal itu tak membuat audien kecewa, apalagi pada pekan ilmiah berikutnya yang bakal digelar pada Sabtu, 22 Juli 2006 di tempat yang sama, panitia sudah menyiapkan 4 makalah yang akan dipresentasikan oleh para penulisnya.(aghi)


Kamar Pojok, 20 Juli 2006

No comments: