Monday, July 03, 2006

Telah Terbit, Buku Antologi Cerpen KSW



Dahaga Kelompok Studi Walisongo (KSW) akan penerbitan buku terobati sudah. Setelah hampir 2 tahun tak dapat menelurkan satupun buku karya mandiri, kini warga KSW boleh berbangga setelah terbitnya buku antologi cerita pendek berjudul "Surat Sunyi".

Buku setebal 160 halaman termasuk pendahuluan dan indeksnya ini, memuat 15 cerpen dari 13 penulis. Semua penulis dalam buku ini adalah tentunya kader KSW yang giat dalam bidang sastra. Bahkan beberapa di antaranya bisa dikatakan cukup profesional menekuni dunia tulis-menulis. Sebut saja nama Arif Friyadi, yang baru beberapa saat lalu menerbitkan novel pertamanya berjudul "Ketika Kabut Cinta Menepis". Remaja asal Kudus ini juga baru saja meloloskan novelnya dalam 15 besar finalis sebuah festival novel nasional yang diselenggarakan sebauh penerbit terkenal di Solo.

Nama lain, Arif Kurniawan atau yang akrab dipanggil Achoer, juga tidak bisa dianggap remeh. Sebelum tulisannya menghiasi buku Surat Sunyi ini, dia telah tiga kali menerbitkan karya pribadi. Dia juga aktif menerbitkan sebuah buletin bernama "Suara Gami", yang terbit secara mandiri. Di luar dua nama itu, tulisan dari beberapa nama lain juga sering menghiasi halaman-halaman sastra perbuletinan Kairo.

Proses pembuatan buku yang idenya sudah bergulir sejak November silam itu, dipimpin oleh M. Edo Sukma Wardana, yang baru beberapa saat sebelumnya ikut menukangi terbitnya buku sastra "Apa Kabarmu di Alam Sana" (Afkar-Mouria Press, 2005).

Meski masih dalam cetakan terbatas karena permasalahan finansial, penerbitan buku ini diharapkan bakal semakin menggugah mahasiswa untuk kian rajin berkreasi. Terutama dalam hal kepenulisan, mengingat dengan menulis kemampuan yang ada dalam diri seseorang dapat tercurahkan dan lebih memberikan manfaat pada khalayak ramai.

Menurut redaksi buku ini, bagi yang ingin mendapatkan buku ini dapat menghubungi Arif Friyadi melalui email arif_friyadi@yahoo.com. (aghi)



Griya Jateng, 3 Juli 2006